fbpx

Dobelalmond.com – Yuk Ketahui 3 Manfaat Memiliki Tanaman Di Dalam Ruangan. Suhu udara yang tak menentu ditambah polusi udara yang sudah tercemar terutama untuk wilayah perkotaan tentunya sangat menggangu kesehatan kita apalagi saat ini sdang peralihan dari musim panas ke musim hujan dimana kondisi tubuh harus tetap prima agar tidak terkena penyakit.

Selain konsumsi susu almond yang kaya akan nutrisi bergizi yang diperlukan tubuh, kamu juga harus menjaga kebersihan udara di sekitar lingkungan atau rumah kamu. Tidak hanya menanam tanaman di luar ruangan di dalam ruangan pun harus kamu perhatikan loh, karena di dalam ruangan pun masih terdapat polusi udara yang dapat merugikan penghuninya. Berbagai jenis polusi udara tersebut dapat berasal dari bahan kimia seperti gas, pewangi ruangan, pernis pelapis furniture, debu dari karpet, dan jamur.

Baca Juga : Bahan-Bahan Dapur Sebagai Pembersih Alami dan Ramah Lingkungan

Nah untuk mengurangi polusi tersebut kamu imbangi dengan tanaman-tanaman yang bisa mengurangi polusi. Ada beberapa jenis tanaman di dalam ruangan. Tanaman yang tidak hanya berfungsi sebagai tanaman hias, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk udara lebih segar dan mengurangi polusi di ruangan.

Tanaman di dalam ruangan

Tanaman di dalam ruangan

Berikut ini adalah 3 Manfaat Memiliki Tanaman Di Dalam Ruangan yaitu:

1. Mengurangi Polusi Udara
Polusi udara yang berlebih akan menyebabkan penyakit ISPA (Insfeksi Saluran Pernapasan Atas) apalagi kalau di rumah memiliki anak kecil tentu sangat mengganggu sekali, ada beberapa tanaman yang bisa menetralisir polusi tersebut diantaranya adalah: Pakis, Sasevieria dan Anggrek sangat baik untuk mengurangi polusi,

tanaman ini mudah sekali mananamnya dan tidak memerlukan sarana yang besar, cukup di dalam pot dan cocok sebagai hiasan di dalam ruangan.

Tanaman ini dapat menyerap zat benzene yang banyak terdapat pada tembakau, sehingga dapat membantu mengurangi polutan yang berasal dari asap rokok. Hasilnya udara di ruangan dapat lebih bersih dan segar.

2. Menjaga Kelembaban Ruangan
Hal ini diperlukan mengingat kita selalu bergantung pada pendingin ruangan (AC) apalagi kalau dinyalakan hampir 24 jam, tentu akan membuat seisi ruangan menjadi kering, karena kondisi ruangan yang tertutup. Tanaman yang baik untuk digunakan adalah Palem karena dapat membantu melembabkan ruangan secara alami.

Untuk mengembalikan kelembaban udara secara alami yang diserap oleh karena penggunaan AC, kita dapat menggunakan tanaman di dalam ruangan. Dengan begitu, kita dapat terhindar dari iritasi yang menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, bahkan radang tenggorokan.

3. Memberikan Kenyamanan dan Mempercantik Ruangan
Fungsi lain tanaman sebagai pencegah polusi udara adalah sebagai penambah nilai estetika sehingga ruangan tersebut akan terlihat cantik dan nyaman, apalagi kalau kita taruh beberapa tanaman yang memiliki aroma wewangian seperti lavender dan melati sehingga dapat berfungsi juga sebagai aromaterapi yang membuat rileks ketika berada di ruangan tersebut.

Lebih dari sekedar wangi yang nyaman, keharumannya juga dapat memberikan energi yang menyegarkan dan mampu mempengaruhi suasana hati menjadi lebih tenang. Selain itu, dengan adanya penghijauan di dalam ruangan, tanaman mempunyai nilai keindahan sehingga banyak yang dibudidayakan sebagai tanaman hias untuk melengkapi dan mempercantik ruangan.

Karena kita menanam tanaman tersebut di dalam ruangan tentu kita juga harus bisa merawatnya dengan baik dan benar, kita harus menyiraminya dengan air, memberikan pupuk secara berkala, tidak lupa beberapa saat keluarkan ke luar ruangan untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup. Penggunaan AC juga dapat menurunkan kelembapan udara, salah satunya, dapat terlihat dari daun-daun berubah warna menjadi cokelat. Oleh karena itu, perawatan dan pemeliharaan tanaman harus diperhatikan dengan baik.

Oke sahabat Dobela semoga artikel 3 Manfaat Memiliki Tanaman Di Dalam Ruangan bisa memberikan gambaran tentang cara mencegah terjadinya polusi udara. Selamat mencoba.