fbpx

Ingin Cepat Hamil? Ini Tips Mengetahui Masa Subur Pada Wanita – Setelah pernikahan tentunya setiap pasangan ingin dikaruniai anak agar bisa memberikan keturunan dan meneruskan trah keluarganya. Namun terkadang rejeki tersebut datang bisa secara cepat maupun lambat, ada yang mengidamkan seorang anak namun belum diberikan oleh Yang Maha Kuasa, namun ada yang biasa saja tapi langsung hamil, semuanya sah-sah saja. Yang penting kita selalu berdoa dan berusaha.

Setiap usaha pasti akan ada hasilnya entah cepat maupun lambat, coba untuk mengetahui masa subur pada wanita. Sebelum kita membahas tentang masa subur, setiap wanita dilahirkan dengan jutaan sel telur yang belum matang di organ reproduksinya, apabila sel ini telah matang maka akan dilepaskan dan akan dikeluarkan setiap bulannya dan ini yang dinamakan siklus menstruasi.

Tips Mengetahui Masa Subur Pada Wanita
Selanjutnya mengapa sih kita perlu mengetahui masa subur ?

Dengan anda dan pasangan anda mengetahui masa subur, maka peluang untuk hamil sangat besar, satu hal yang paling sederhana dalam merencanakan kehamilan adalah dengan mengetahui periode masa siklus mentruasi. Karena pada masa tersebut, sel telur wanita telah matang dan siap untuk dibuahi.

Hal ini terjadi 14 hari sebelum siklus menstruasi yang ditandai dengan proses keluarnya sel telur dari ovarium ke tuba falopi yang disebut fase ovulasi pada siklus mentruasi.

Bagaimana sih prosesnya masa subur itu?
Ketika seorang wanita telah memasuki masa puberitas, dia memiliki antara 15-20 sel telur matang di bagian ovarium, kemudian sel telur tersebut akan dikeluarkan dan masuk ke dalam tuba falopi, nah di tuba falopi ini sel telur yang telah matang dibawa menuju rahim wanita agar bisa bertemu dengan sel sperma yang telah siap untuk dibuahi di tuba falopi wanita.

Sel telur yang telah keluar dari ovarium tersebut dapat bertahan hidup sampai 24 jam, sementara sel sperma mampu bertahan hidup di dalam tubuh wanita antara 5-6 hari.

Setiap manusia yang dilahirkan adalah sang juara karena mampu menyingkirkan jutaan calon kandidat untuk memperebutkan sel telur. Maka dari itu kamu semua adalah istimewa dan seyogyanyalah selalu bersyukur dan beribadah kepada Allah SWT. Karena sel sperma dengan kualitas terbaiklah yang mampu membuahi sel telur sehingga terjadinya kehamilan. Sel telur dan sel sperma harus bertemu pada masa tersebut.

kehamilan

Jadi masa paling subur seorang wanita adalah 2-3 hari sebelum ovulasi dan 12-24 jam setelah ovulasi jadi anda dapat melakukan hubungan seksual di sekitar masa 5-6 hari perkiraan masa subur tersebut.

Kapan Masa Subur Pada Wanita Dapat Terjadi?
Setiap bulannya wanita memasuki masa subur, ketika sel telur yang telah matang dilepaskan dan dibuahi oleh sel sperma maka akan terjadi kehamilan, namun sebaliknya jika tidak terjadi pembuahan mana sel telur tersebut akan mati dan keluar bersamaan dengan siklus menstruasi.

Makanya bagi anda pasangan suami-istri terutama sang istri penting untuk mengetahui Tips Mengetahui Masa Subur Pada Wanita agar proses kehamilan dapat terwujud, sebab dengan mengetahui masa subur adalah pilihan paling efektif untuk memperbesar peluang kehamilan.

Tapi ada satu kendala, kamu dapat mengetahui masa subur apabila memiliki siklus menstruasi yang teratur, apabila menstruasinya tidak teratur maka akan sulit untuk mengetahui kapan tubuh kamu akan melepaskan sel telur setiap bulannya.

Baca Juga : Manfaat Susu Almond Apakah Bisa Diminum Untuk Balita?

Maka dari itu banyak indikator untuk mengetahui masa subur kamu, karena setiap wanita memiliki perhitungan masa subur yang berbeda. Kamu bisa menggunakan perhitungan kalender sejak terakhir kali kamu berhenti menstruasi atau juga dapat menjadi pertimbangan untuk mengetahuinya melalui suhu badan, lendir serviks atau lendir mulut rahim, dan tanda perubahan lainnya.

Oke sahabat Dobela demikian tadi penjelasan mengenai Tips Mengetahui Masa Subur Pada Wanita semoga tercerahkan ya dan semoga kamu yang sudah menikah segra diberikan momongan dan bahagia selamanya.