fbpx

Dobelalmond.com – Faktor Awal Gejala dan Penyebab Keguguran Serta Pencegahannya. Kehamilan tentu suatu hal yang ditunggu-tunggu oleh pasangan, banyak pasangan yang sudah menikah lama akan tetapi belum dikarunai keturunan makanya kamu harus ekstra hati-hati dalam menjaga kehamilan agar terhindar dari keguguran.

Resiko paling tinggi adalah di fase 4 bulan pertama masa kehamilan dimana seorang ibu hamil harus menjaga kandungannya agar tidak mengalami keguguran.

Dalam istilah medis keguguran adalah kematian janin di dalam kandungan sebelum usianya mencapai 20 minggu atau disebut juga aborsi spontan/aborsi tidak sengaja adalah nama lain dari keguguran.

Satu dari empat wanita hamil bisa mengalami keguguran

dan yang paling banyak terjadi ialah di fase 12 minggu pertama yaitu sebanyak 85 kasus bahkan bisa jadi wanita tersebut mengalami keguguran sebelum sempat tahu bahwa dirinya sedang hamil.

Oke sekarang kita simak Faktor Awal Gejala dan Penyebab Keguguran Serta Pencegahannya harus diketahui para wanita :

Gejala Keguguran

Biasanya diawali dengan pendarahan, tingkat pendarahannya bervariasi mulai dari bercak darah sampai pendarahan hebat.
Tanda-tanda yang akan kamu alami yaitu :
– Keram dan nyeri di bagian perut bawah
– Nyeri ringan hingga berat di bagian punggung
– Demam disertai menurunnya daya tahan tubuh
– Kontraksi

Jika hal seperti diatas kamu alami ketika masa usia kehamilanmu di 3 bulan pertama atau sebelum 20 minggu usia kehamilan maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter kandungan kamu

Penyebab Keguguran
Hampir semua wanita tidak mengetahui penyebab mengapa mengalami keguguran, dan disini telah Dobelalmond rangkum 8 faktor umum yang menyebabkan keguguran :

1. Kelainan Kromosom
60 persen kasus keguguran karena kelainan kromosom.
Menurut Bryan Cowan, ketua departemen kebidanan dan ginekologi di University of Mississippi. Sperma dan sel telur masing-masing membawa 23 pasang kromosom dan dalam proses perkembangannya, bisa saja ada kerusakan dalam baris-barisnya.

2. Masalah Plasenta
Saat plasenta bermasalah makan supply darah dari ibu ke janin akan terganggu sehingga terjadi keguguran.

3. Bentuk rahim upnormal
Sebagai konsukuensi dari bentuk rahim yang tidak normal maka akan menghambat perkembangan janin dan juga akan memicu munculnya sel non kanker (fibroid) yang juga beresiko terhadap perkembangan janin dan memicu terjadinya keguguran.

4. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)
PCOS terjadi ketika ukuran indung telur terlalu besar dan menyebabkan hormon menjadi tidak seimbang.

5. Serviks yang Lemah
leher rahim atau serviks yang lemah sangat mempengarushi keguguran, karena ketika otot-otot leher rahim kamu lemah maka mengakibatkan keguguran.

6. Gaya Hidup
Kebiasaan gaya hidup era sekarang membuat seseorang melakukan segala sesuatu serba instan dan melupakan kesehatan mulai dari pola makan, jarang olahraga, merokok, minuman beralkohol dan obat-obatan ilegal yang sangat berpotensi memicu keguguran.

Baca Juga : Daftar Resiko Yang Mempengaruhi Kesehatan Wanita dan Pencegahannya

7. Sudah memiliki riwayat sakit tertentu
Banyak hal lain yang menunjang keguguran yaitu antara lain : saat hamil usia diatas 35 tahun, memiliki tekanan darah tinggi, gangguan ginjal, gangguan pernapasan, HIV, malaria dan rubella, gangguan pencernaan dan beberapa penyakit kronis yang akan berdampak pada janin dan bisa menyebabkan keguguran

8. Kelebihan atau Kekurangan Berat Badan
Wanita yang memiliki berat badan yang sangat kurus 72 persen sangat mungkin mengalami keguguran di trismester pertama dibandingkan wanita yang memiliki beran badan normal, begitu pula sebaliknya dengan wanita yang memiliki kelebihan berat badan (obesitas) memiliki resiko yang memungkinkan mengalami keguguran.

Ada beberapa cara untuk mencegah terjadinya keguguran yaitu pola hidup sehat, hindari gaya hidup bebas dan rajin olahraga. Demikian artikel Faktor Awal Gejala dan Penyebab Keguguran Serta Pencegahannya semoga kamu bisa melakukan pencegahan, dan juga selalu konsultasikan dengan dokter kandungan kamu apabila kamu memiliki masalah pada kehamilanmu.