fbpx

Dobelalmond.com – Ciri-ciri Gejala Usus Buntu dan Faktor-faktor Makanan Penyebabnya. Usus buntu merupakan salah satu penyakit yang akan kita alami kalau kita mengadopsi hidup sembarangan atau tidak mengindahkan pola hidup sehat.

Mengapa usus buntu bisa menyerang kita, yuk kenali dulu faktor penyebabnya yaitu dari pola makan, ada banyak makanan dari gaya hidup yang tidak sehat akan menimbulkan gejala usus buntu.

Salah satunya adalah makanan cepat saji dan junk food. Tentu tidak dapat kita pungkiri bahwa di era serba instan ini menuntut kita untuk gerak cepat, sehingga mengharuskan dalam membeli makanan pun serba instan, karena malas memasak dirumah atau juga malas berbelanja bahan-bahannya. Namun kita tidak boleh mengkonsumsi makanan cepat saji dalam jumlah banyak atau sering, bahkan kalau bisa dihilangkan mengkonsumsi makanan cepat saji tersebut.

Baca Juga : Apa Itu Intoleran Laktosa Dalam Produk Susu Sapi dan Resikonya

Nah kembali lagi ke penyakit usus buntu, penyakit ini tidak boleh dianggap sepele, karena kalau bertambah parah pertama akan terasa sakit yang sangat dan yang lebih buruk bisa menimbulkan kematian. Ciri-ciri Gejala Usus Buntu dan Faktor-faktor Makanan Penyebabnya

Kalau kamu sudah terkena penyakit usus buntu maka penyembuhannya melalui operasi, kalau yang takut akan tidakan operasi pasti sangat mengerikan mendengarnya.

Nah sebelum kita bahas Ciri-ciri Gejala Usus Buntu dan Faktor-faktor Makanan Penyebabnya maka kita bahas terlebih dahulu faktor makanannya sebagai berikut :

1. Nafsu makan hilang
Tiba-tiba nafsu makan kamu hilang dan tidak berselera, padahal awalnya kamu sangat hobby makan, atau kalau yang memang tidak suka makan kamu malah tidak mau makan sama sekali.

2. Tidak bisa (sulit) buang gas
Kamu seakan susah sekali untuk membuang gas (kentut) padahal perut kamu terasa kembung dan tidak nyaman seakan banyak angin didalam perut kamu.

3. Perut Terasa Kembung
Salah satu efeknya kamu merasa perut kamu terisi angin (kembung).

4. Diare
Terjadi konstipasi atau diare yang cukup menggangu.

5. Mual dan Muntah-muntah
Efek ini kamu akan merasa mual dan mengalami muntah-muntah, kalau sudah gejala seperti ini maka kamu segera periksa ke dokter.

6. Muncul demam karena rasa sakit di perut
karena perut kamu mulai mengalami peradangan maka tubuh kamu mulai melawan dan timbul demam, segera ambil tindakan dan segeralah ke rumah sakit atau puskesmas untuk memeriksa dan mengambil tindakan lebih lanjut.

7. Kram di Perut
kamu mulai merasakan kram di perut dan terjadi pembengkakan di perut.

Gejalanya biasanya terasa sakit pada bagian perut, bahkan saking sakitnya akan sulit untuk bergerak. Biasanya yang dirasakan adalah rasa sakit pada perut bagian tengah rasa sakitnya timbul tenggelam. Setelah beberapa jam kemudian sakitnya menjalar ke bagian bawah perut sebelah kanan dan apabila ditekan maka sakitnya makin menjadi.

Ciri-ciri Gejala Usus Buntu dan Faktor-faktor Makanan Penyebabnya

Setelah kamu mengetahui Ciri-ciri Gejala Usus Buntu, maka kamu harus tahu penyebabnya, dan ternyata penyebabnya adalah makanan yang bisa mengakibatkan feses kita keras sehingga bisa saja tersangkut atau masuk kedalam usus buntu dan menyebabkan peradangan.

Nah Faktor Makanan apa saja sih yang menjadi penyebabnya :

1. Kaffein
Saat ini memang sedang trend kopi dan teh, karena minuman tersebut sudah menjadi gaya hidup masyarakat dan rasanya pun nikmat. Bahkan kaffein memiliki zat adiktif yang bisa menyebabkan orang ketergantungan. Memang tidak salah kita meminum minuman yang mengandung kaffein asal sesuai dan tidak berlebihan.
kaffein ini merupakan salah satu yang menyebabkan usus buntu, karena kaffein yang terdapat dalam kopi dapat menyebabkan feses (kotoran) kita menjadi keras dan dapat menimbulkan diare (ingin buang air secara terus menerus).

2. Pisang Muda
Buah pisang merupakan buah yang enak untuk diolah menjadi apapun, tidak ada yang melarang kamu untuk memakan buah pisang karena fungsinya melancarkan pencernaan yang perlu kamu hindari adalah memakan pisang muda, hal ini dikarenakan memakan pisang muda akan menyebabkan usus buntu.

3. Gluten
Gluten adalah jenis protein yang terdapat dalam gandum hitam, sebenarnya gluten ini tidak berbahaya namun bagi orang-orang yang memiliki alergi terhadap zat ini dapat menyebabkan masalah pencernaan.

4. Permen karet
Bahaya mengkonsumsi permen karet pada saat tertelan, kalau hanya dikunyah saja tidak mengapa, namun jika tertelan, apalagi berbarengan dengan makanan sejenis biji-bijian maka akan sulit dicerna oleh tubuh kita.
Jika tertelan maka akan membahayakan usus buntu yang bisa mengakibatkan peradangan, makanya untuk anak dibawah 5 tahun tidak boleh mengkonsumsi permen karet dan permen karet ini salah satu makanan yang menjadi penyebab usus buntu.

5. Daging Merah
Daging merah dipercaya banyak mengandung lemak dan zat besi sehingga sulit dicerna oleh usus dan akan menimbulkan penyebab peradangan pada usus, karena sulit dicerna maka akan menyebabkan sembelit dan bila dibiarkan maka berakibat pada penyakit usus buntu.

6. Alkohol
Alkohol penyebab dari melambatnya proses pencernaan seputar usus dan juga bisa menyebabkan dehidrasi, dan akan menyebabkan semblit sama lama kelamaan akan mengakibatkan penyakit usus buntu.

7. suplemen Makanan
Suplemen yang harus dihindari ialah suplemen yang mengandung zat besi dan kalsium, karena akan menimbulkan konstipasi pencernaan sehingga menyebabkan peradangan usus. bila kamu memang diharuskan mengkonsumsi suplemen tersebut maka kamu harus imbangi dengan pola makanan sehat terutama yang banyak serat. Selain itu kamu harus memperhatikan asupan makanan kamu dan apa efeknya bagi tubuh kamu.

8. Buah Kesemek
Tidak ada larangan sebenanya dalam mengkonsumsi buah ini, apalagi kalau rasanya manis yang dihindari ialah buah kesemek yang masih asam, karena rasa asam buah tersebut akan memperlambat proses pencernaan makanan pada usus.

9. Makanan cepat saji
Makanan ini memiliki kadar lemak yang tinggi dan juga sedikit serat. Lemak yang tinggi ini dapat memperlambat proses pencernaan di usus apalagi kalau makanan cepat saji ini menjadi makanan konsumsi kamu sehari-hari maka akan menimbulkan konstipasi yang berakibat pada usus buntu.
Sebaiknya hindarilah makanan cepat saji dan mulailah mengkonsumsi makanan-makanan yan mudah dicerna oleh usus.

10. Produk Olahan Susu
Produk susu yang mengandung laktosa seperti produk susu hewani dan olahannya yaitu keju, yogurt dan es krim dapat meningkatkan gas dan mengakibatkan sembelit. Kondisi pencernaan yang bermasalah ini akan menyebabkan peradangan di usus buntu, alternatifnya ialah mengganti dengan produk susu nabati dan yang paling baik adalah SUSU ALMOND.

Oke Demikian artikel Ciri-ciri Gejala Usus Buntu dan Faktor-faktor Makanan Penyebabnya