fbpx

Dobelalmond.com – Berikut 3 Langkah Cara Mengurangi Stress Secara Efektif. Ternyata stress sangat berpengaruh buruk bagi kesehatan. Segala macam penyakit ditimbulkan dari pikiran yang tidak sehat dan stress. Terkadang stress bisa timbul karena masalah yang sepele. Bermula dari pikiran akan suatu hal yang sebenarnya bisa untuk diselesaikan akan tetapi kita membuatnya terlalu rumit sehingga bisa mengakibatkan stress dan apabila didiamkan akan berdampak kepada masalah kejiwaan.

Saat kita mengalami stress maka saraf pusat atau Central nervous system (CNS) melepaskan hormon yaitu andrenaline dan Kortisol. Hormon tersebut akan meningkatkan denyut jantung dengan mensirkulasikan darah ke organ-organ vital dan otot.

Hal ini dikenal sebagai respon flight-or-flight (situasi respon stres akut yang merupakan respon terhadap kejadian yang dianggap berbahaya) dan itu sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia selama tahap awal revolusi.

Baca Juga : Khasiat Buah Tomat Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Permasalahan seperti masalah rumah tangga, masalah kerjaan sampai masalah pribadi dapat memicu respon flight-or-flight

Sebenarnya semua orang pasti mengalami yang namanya stress, bahkan hewan dan tumbuhan pun mengalami yang namanya stress. Jika hanya sekali waktu kita mengalami stress maka itu adalah hal yang wajar. Namun jika stress tersebut sudah menjangkiti pikiran kita setiap saat maka akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan mental.

Lalu bagaimana Cara Mengurangi Stress Secara Efektif.

Ada Berikut 3 Langkah Cara Mengurangi Stress Secara Efektif, yang bisa kita aplikasikan dengan mudah, yaitu :

1. Meditasi Mindfulness
Tenangkan pikiran dan buka pikiran, perasaan, emosi dan juga sensasi yang ada didalam maupun diluar tubuh. Teknik meditasi bertujuan untuk relaksasi dan membuat pikiran menjadi tenang dan sadar akan masalah yang dihadapi.

Meditasi dapat membuat hati menjadi nyaman dan tenteram. Meditasi dapat memperbaiki kecemasan, depresi dan stres pada diri manusia. Lakukan meditasi selama 10-30 menit sebelum tidur agar efektif untuk mengurangi stres dan memperbaiki tidur anda di malam hari, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah.

2. Olahraga
Lakukan kegiatan yang positif, salah satunya dengan ber olahraga. Latihan fisik dengan ber olahraga dapat meningkatkan kesehatan mental selain itu membuat badan kita sehat dan prima.

Ada sebuah penelitian yang memberikan hasil bahwa latihan fisik dapat meningkatkan kesejahteraan dan ketentraman secara psikologis, sehingga olahraga dapat digunakan sebagai terapi untuk menghilangkan stress.

Jika kamu melakukan latihan fisik dengan intensitas sedang atau tinggi, seperti lari selama kurang lebih 30 menit, hal ini dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kualitas tidur kamu.

3. Perubahan Gaya Hidup
Kalau kamu mengadopsi gaya hidup bebas tanpa memperhatikan kesehatan, maka dipastikan kamu memiliki tingkat stress yang tinggi. Mulai dari sekarang mulailah merubah gaya hidup menjadi lebih sehat, yaitu :
– Diet Sehat
– Mengurangi kafein dan alkohol
– Jangan membawa pekerjaan ke rumah, di rumah adalah tempat istirahat.
– kumpul bersama teman dan keluarga

Jika kalian menganggap sepele stress ini, maka akan berdampak pada kesehatan yang kronis dimasa depan. Makanya penting bagi kita untuk mulai mengelola tingkat stress dengan mengikuti Berikut 3 Langkah Cara Mengurangi Stress Secara Efektif. Meskipun kamu memiliki beban yang besar, namun tanpa diselesaikan maka permasalahan tersebut akan menumpuk dan bertambah buruk bagi kesehatanmu.

Dalam hal mengurangi tingkat stres bisa jadi hal yang menantang bagi anda. Penting bagi seseorang untuk mengetahui sumber stres yang sedang dia hadapi, yang mungkin bisa berasal dari pekerjaan atau hubungan disekitar lingkungan mereka. Meskipun akan sulit dan lambat untuk mencari solusinya tetapi sangatlah penting untuk menghilangkan stres yang anda sedang alami.

Cobalah mengatasi masalah ini dengan pihak yang ahli sehingga dapat membantu anda mengatasi stres anda, seperti para profesional kesehatan mental yang mampu memberi perawatan dan juga bimbingan. Dukungan dan teman-teman serta anggota keluarga juga diperlukan dalam hal ini.